#

Gelar Bakti Bersih Lingkungan Serentak, Sekda : Spirit ASN Untuk Menjaga Ternate Agar Tetap Bersih

PEMKOT TERNATE — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkot Ternate Ke-25, yang bertemakan “Bersinergi Menuju Ternate Bersih”, Pemerintah Kota Ternate pada Jumat, (26/4/2024) pagi tadi menggelar kerja bakti pembersihan lingkungan Kelurahan secara serentak.

Kerja bakti pembersihan lingkungan Kelurahan secara serentak itu, melibatkan seluruh pegawai ASN, PTT di lingkup OPD, Kecamatan dan Kelurahan.

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM menyampaikan, hari ini Pemerintah Kota Ternate menggelar aksi gerakan “Bersinergi Menuju Ternate Bersih” dan ini bagian dari semangat tagline atau tema besar dalam perayaan HUT Pemkot Ke-25.

“Jadi gerakan bakti bersih atau Bersinergi Menuju Ternate Bersih ini sebagai spirit dari seluruh ASN untuk menjaga agar Ternate ini tetap bersih,”ujar Sekda.

Untuk itu, Kata Sekda, gerakan bakti bersih lingkungan ini, bagian dari nilai edukasi terhadap Masyarakat Kota Ternate, tidak hanya pada ASN.

“Karena dalam mewujudkan Kota yang bersih dari sampah, Kota yang ramah lingkungan, maka harus bersinergi, bukan hanya Pemerintah, tetapi Masyarakat juga harus turut membantu dan mendukung program pemerintah, agar bersama-sama menjaga lingkungan masing-masing,”ungkap Sekda.

Kemudian, lanjut Sekda, aksi atau gerakan bersih lingkungan ini, bukan hanya ASN di dalam Kota, melainkan ASN di Kecamatan Pulau Terluar (Kecamatan Pulau Moti, Hiri dan Batang Dua) pun melaksanakan hal yang sama, yakni bakti bersih lingkungan.

“Karena sampah menjadi musuh kita bersama, atau barang yang menjadi lawan kita bersama-sama. Yang harus diawali dengan memunculkan nilai kesadaran kita, dan harus kita jaga kebersihan di mana lingkungan itu kita tinggal,”jelas Sekda.

Untuk itu, Sekda menambahkan, ada banyak hal yang harus kita maknai dalam tema besar HUT Pemkot Ternate ke-25 ini, baik dari Pemerintah, masyarakat, Perguruan Tinggi, instansi vertikal di Kota Ternate, yang harus turut membantu menjaga kebersihan di Kota Ternate.

“Karena, sebagus apapun, secanggih apapun program pemerintah namun, tidak ada pelibatan nyata dari masyarakat maka ini akan menjadi sulit kita wujudkan bersama-sama mengatasi masalah sampah di Ternate,”pungkas Sekda.

Sekda juga menghimbau kepada seluruh warga yang berdomisili di Kota Ternate, agar bersama-sama menjaga lingkungan dan mengatasi masalah sampah di Ternate.

“Sehingga apa yang kita harapkan Ternate Bersih ini bisa terwujud dengan cara buang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan pemerintah. Dan sampah yang dihasilkan kita berharap agar dimasukan ke dalam kantong plastik, untuk memudahkan pengangkutan sampah dari petugas,”harap Sekda.

Tidak hanya itu, Sekda juga memberikan warning kepada pelaku usaha seperti, toko, rumah makan, hotel dan restoran yang menghasilkan sampah industri agar harus lebih jelih melihat sampah industri itu.

“Karena ada beberapa yang saya lihat, mereka masih lalai di lapangan. Sehingga, pemerintah kota juga akan mulai menerapkan sanksi kepada para usaha,”tegas Sekda.

Berita

Berita Lainnya

#

Peringati Hardiknas, Seluruh Peserta Upacara Kenakan Baju Adat Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M. Si bertindak sebagai Pembina ...

#

Lestarikan Tenun dan Batik Ternate 51 Pimpinan OPD di Ternate Ikut Lomba Peragaan Busana

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, menghadiri sekaligus membu ...

#

Pemkot Ternate Peringati HUT ke 25 dan Hari Otonomi Daerah ke 28

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin Upacara Peringatan ...

#

Peringati HUT Pemkot Ke-25, IKA 1996 SMPN 4 Kota Ternate Gelar Bakti Bersih Lingkungan

PEMKOT TERNATE - Ikatan Keluarga Alumni 1996 SMPN 4 Kota Ternate menggelar kerja bakti pem ...