#

Lestarikan Tenun dan Batik Ternate 51 Pimpinan OPD di Ternate Ikut Lomba Peragaan Busana

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, menghadiri sekaligus membuka lomba fashion show antar OPD dengan tema Padanan Batik dan Tenun Ternate dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 tingkat Kota Ternate Tahun 2024.

Lomba tersebut diikuti 51 peserta diantaranya Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, MM, Sekretaris DPRD Kota Ternate, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Acara Fashion Show kali ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 Tahun 2024 Tingkat Kota Ternate dan digelar di Taman Nukila, Kota Ternate Tengah. Busana yang dikenakan para pejabat Pemkot merupakan padu padan batik dan tenun Ternate. Hal ini tentu saja mengundang perhatian warga dan para ASN yang menyaksikan acara tersebut.

Layaknya model profesional, para pejabat ini tak sungkan berlenggak lenggok bak model terkenal. Ada yang tampil dengan buah hatinya namun banyak juga yang tampil sendiri.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa kali ini terdapat suasana baru karena fashion show diikuti oleh para pimpinan OPD juga Camat serta Kepala Bagian.

“Saya pikir ini merupakan sebuah terobosan kita karena ini adalah cara kita memperkenalkan Ternate dan yang terpenting ini juga cara kita untuk melestarikan tenun dan batik Ternate yang saat ini berkembang luar biasa,” ujar Wali Kota.

Wali Kota mengaku agak kaget karena ternyata penampilan asli atau profile pimpinan OPD yang ditunjukkan sore itu berbeda dengan yang terlihat saat beraktivitas di kantor.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Marliza M. Tauhid selaku Ketua TP. PKK Kota Ternate mengatakan bahwa fashion show ini berkaitan erat dengan program kerja Tim Penggerak PKK Kota Ternate, yakni melestarikan kearifan lokal yang ada.

Ketua TP. PKK menjelaskan bahwa Ternate memiliki dua tenun khas yang diproduksi secara gedogan, tradisional maupun secara ATBM dan sejak Tahun 2021 tenun khas Ternate mengalami peningkatan yang luar biasa baik dari segi kualitas maupun produksi.

“Cara kami memperkenalkan tenun dan batik khas Ternate tentu saja dengan kegiatan fashion show kali ini, kemudian kami aktif mengikuti pameran dan secara pribadi kami menggunakannya,” jelas Ketua TP PPK.

Ketua TP PKK berharap tenun dan batik Ternate punya tempat yang sama dengan tenun dan batik lainnya yang ada di Indonesia.

Lomba fashion Show ini di tutup dengan kehadiran Wali Kota dan Ketua TP PPK di panggung catwalk, yang tentu saja di sambut tepuk tangan meriah. (TIM IKP_DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Buka RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Misi yang Dicetus

PEMKOT TERNATE — Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Terna ...

#

Wali Kota Ternate Terima Penghargaan Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Dari Baznas RI

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, kembali mengukir presta ...

#

Wali Kota Melepas 264 Jemaah Haji Asal Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melepas 264 Calon Jemaah Ha ...

#

TAPD Kota Ternate Gelar Rapat Evaluasi, Sekda : Pemprov Harus Bayar DBH Rp. 64 Miliar

PEMKOT TERNATE — Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Ternate menggelar rapat eval ...