#

Pemkot Ternate Peringati HUT ke 25 dan Hari Otonomi Daerah ke 28

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Ternate yang ke-25 dan Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-28. Upacara digelar di halaman kantor Wali Kota Ternate, Senin (29/4/24).

HUT ke-25 Pemkot Ternate tahun ini, tematiknya “Ternate Bersih, Ternate Sehat” dengan tema besar “Bersinergi Menuju Ternate Bersih”.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM, Forkopimda Kota Ternate, Ketua Organisasi Wanita Kota Ternate, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah dan seluruh ASN non ASN di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Dalam sambutannya, Wali Kota Ternate menyampaikan bahwa dalam proses perjalanan panjang Pemerintah Kota Ternate yang telah memasuki kurun waktu 25 tahun ini telah banyak langkah-langkah kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan dengan berbagai kemajuan yang kita lihat.

“Pada hari ini juga, memori kita semua kembali mengingat perjalanan terbentuknya Pemerintah Kota Ternate yang sarat akan nilai sejarahnya. Hal ini bisa kita jadikan sebagai bekal dalam membangun Pemerintah Kota Ternate insyaallah lebih baik di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Lanjut, Wali Kota menyampaikan terkait dengan hasil penyampaian penilaian kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2023 oleh Ombudsman Republik Indonesia dimana Pemkot Ternate memperoleh predikat kepatuhan Tertinggi dengan nilai 92.53 (Zona Hijau).

“Sehingga dengan nilai ini mengantarkan Pemkot Ternate dengan nilai tertinggi se Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara dan peringkat ke-23 Nasional dari sebelumnya ke-54 dari 98 Pemerintah Kota, seluruh Indonesia,” jelas Wali Kota.

Sedangkan dari segi penilaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD), semua memperoleh predikat kepatuhan Tertinggi, menjadikan Pemkot Ternate dengan nilai tertinggi se- Provinsi Maluku Utara.

“Dan di tahun 2024 Pemerintah Kota Ternate dalam hal ini PT BPRS Bahari Berkesan menyabet 3 (tiga) penghargaan sekaligus yaitu TOP BUMD Awards 2024, TOP CEO BUMD dan TOP Pembina BUMD 2024 yang di raih oleh Wali Kota Ternate sebagai Pembina PT. BPRS Bahari Berkesan, serta Juara 1 penghargaan Paritrana pada Pemerintah Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Maluku Utara,” tambah Wali Kota.

Beliau menekankan, penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Ini adalah hasil dari upaya bersama, kegigihan, dan komitmen dalam menjalankan tugas-tugas kita dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, penghargaan ini bukanlah akhir dari perjalanan kita, tetapi merupakan pijakan untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas Pelayanan kepada masyarakat. Setiap penghargaan adalah bukti nyata bahwa kita telah berhasil menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat.

“Selain berbagai kemajuan dan penghargaan yang kita raih tersebut kita menyadari sejalan dengan dinamika kemajuan dan perkembangan pembangunan perkotaan yang semakin kompleks, maka kita masih diperhadapkan dengan sejumlah tantangan dan permasalahan yang membutuhkan langkah-langkah solusi ke depan, antara lain pemenuhan kebutuhan air bersih, pengelolaan persampahan, penyediaan akses transportasi, perbaikan sistem drainase, keseimbangan pembangunan antar kawasan, permasalahan infrastruktur perkotaan lainnya serta peningkatan PAD,” ungkapnya.

Untuk menjawab sejumlah tantangan dan permasalahan yang terjadi, pemerintah telah melakukan langkah dan solusi yang salah satunya mengenai persampahan dengan Gerakan Asyiklah yaitu Gerakan ASN dan Masyarakat Memilah Sampah.

“Selain solusi permaslahan sampah yang kompleks, Pemerintah Kota Ternate juga telah melakukan langkah dan solusi dengan memperbaiki infrastruktur perkotaan seperti drainase, air bersih dan juga mengoptimalkan potensi sektor-sektor strategis, seperti sektor jasa dan perdagangan, dengan membangun fasilitas sarana dan prasarana yang representatif seperti pasar, mall, dan perhotelan,” cetus Wali Kota.

Wali Kota dalam amanatnya mengajak setiap OPD untuk terus mencari cara-cara baru dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien, transparan, dan berkualitas.

“Saya tegaskan kembali kepada seluruh jajaran aparat Pemerintah Kota Ternate, untuk terus meningkatkan penghayatan dan memahami visi ”Ternate Andalan”, sebagaimana menjadi cita-cita pembangunan yang kita canangkan,” imbau Wali Kota.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada setiap pimpinan OPD dan seluruh ASN. “Saya ucapkan terima kasih kepada setiap pimpinan OPD dan seluruh ASN atas dedikasi dan semangat juang yang telah ditunjukkan dan kerja keras yang telah menghasilkan prestasi luar biasa bagi Pemerintah Kota Ternate,” tutupnya.

Acara perayaan Hut Pemerintah Kota Ternate yang ke-25 tersebut dirangkaikan dengan peluncuran (launching) Gerakan ASYIKLAH atau ASN dan Masyarakat Ikut Memilah Sampah yang ditandai dengan penyerahan atau penyetoran sampah an-organik berupa botol plastik dan kertas ke Bank Sampah Andalan TP.PKK Kota Ternate oleh Wali Kota dan beberapa perwakilan pimpinan OPD.

Wali Kota menjelaskan bahwa Gerakan Asyiklah adalah upaya kolektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, mulai dari pemilahan sampah di sumbernya, mengurangi produksi sampah, hingga mendukung daur ulang dan penggunaan kembali bahan-bahan yang masih memiliki nilai guna.

“Gerakan ini memposisikan ASN sebagai pelopor atau penggerak, dimana mencerminkan komitmen dan tanggung jawab sosial ASN dalam mengatasi masalah lingkungan, khususnya terkait dengan pengelolaan sampah” jelas Wali Kota.

Gerakan ini merupakan bentuk kolaborasi dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan PKK Kota Ternate. Dengan harapan memilah sampah, ASN dan masyarakat berkontribusi pada pengurangan volume sampah yang berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir), mengurangi emisi gas rumah kaca, serta mendukung ekonomi sirkular melalui daur ulang dan penggunaan kembali bahan-bahan sampah.

Upacara juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah juara lomba Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di perkantoran Kota Ternate yang dijuarai oleh Kantor Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan Maluku Utara, peringkat ke-1 dengan jumlah nilai 1400, Kantor Camat Selatan peringkat ke-2 dengan perolehan nilai 1300, dan Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate peringkat ke-3 dengan perolehan nilai 1100 serta penyerahan SIM A dan SIM C untuk 25 sopir angkot dan 25 ojek Andalan juga penyerahan sembako kepada 15 orang penerima. (TIM IKP_DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Terima Penghargaan Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Dari Baznas RI

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, kembali mengukir presta ...

#

Wali Kota Melepas 264 Jemaah Haji Asal Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melepas 264 Calon Jemaah Ha ...

#

TAPD Kota Ternate Gelar Rapat Evaluasi, Sekda : Pemprov Harus Bayar DBH Rp. 64 Miliar

PEMKOT TERNATE — Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Ternate menggelar rapat eval ...

#

Memastikan Kelancaran UAS, Wali Kota Pantau Secara Langsung di Tiga SMP Negeri Kota Ternate

PEMKOT TERNATE — Dalam rangka memastikan kelancaran pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS ...