#

Peringati Hardiknas, Seluruh Peserta Upacara Kenakan Baju Adat Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M. Si bertindak sebagai Pembina upacara dalam gelaran Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Kamis (2/5/24).

Upacara tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, MM., Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Hasmiati Rizal Marsaoly, Perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Para Asisten, Staf Ahli dan Para Kepala OPD serta diikuti oleh para guru dan siswa di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Mengangkat tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar, seluruh peserta upacara dan tamu undangan yang hadir dalam gelaran peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 di Kota Ternate, mengenakan pakaian adat Ternate.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M. Si saat membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A.

Dalam amanatnya, Wali Kota menyampaikan, lima tahun terakhir, Gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Menjadi pemimpin dalam Gerakan Merdeka Belajar, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

"Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan," kata Wali Kota mengutip amanat Mendikbudristek.

Dikatakan saat langkah dunia pendidikan mulai serempak, Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi.

"Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat," sebutnya.

Berbagai tantangan dan hambatan telah dilewati secara bersama-sama. "Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar," ungkapnya.

"Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi," ujar Wali Kota dalam amanat tertulis Mendikbudristek.

Menurutnya, lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

"Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan," tutur Wali Kota.

Di akhir amanatnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI berpesan, untuk menitipkan program Merdeka Belajar yang telah digagas dan dijalankan dalam lima tahun terakhir.

“Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan”, pungkasnya.

Wali Kota Ternate juga menyampaikan ucapan terima kasih Menteri Nadiem Anwar Makarim.

“Terima kasih atas perjuangan semua pihak yang ikut berjuang untuk menyukseskan program Merdeka Belajar. Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," tutup Wali Kota.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 yang digelar di lingkungan Pemerintah Kota Ternate tersebut dirangkaikan dengan penyerahan berbagai apresiasi atau penghargaan kepada sejumlah siswa maupun tenaga pengajar (guru) berprestasi. (TIM IKP_DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Pesta Kolaborasi dan Temu Kangen Musisi Ternate di Rangkai dengan Tribute Thae Umar

PEMKOT TERNATE - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bekerja sama denga ...

#

Dinkes Kota Ternate Gelar Kick Off Pelaksaanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara Kick Off P ...

#

Wali Kota Buka RPJPD Tahun 2025-2045, Ini Misi yang Dicetus

PEMKOT TERNATE — Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Terna ...

#

Wali Kota Ternate Terima Penghargaan Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Dari Baznas RI

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, kembali mengukir presta ...