#

Sekda Kota Ternate Tutup Bimtek Masterplan Smart City & Quick Win Ternate Kota Cerdas

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME secara resmi menutup kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smartcity & Quick Win Program Unggulan Ternate Kota Cerdas. Selasa (27/9/22) di Ruang Rapat Lantai III Kantor Wali Kota Ternate.

Bimbingan Teknis ini digelar dalam rangka Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kota Ternate yang merupakan lanjutan dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dengan Pemerintah Kota Ternate Nomor : B-69/DJAI/HK.04.02/04/2022, Nomor : 555/II/2022.

Bimtek tersebut telah digelar dalam empat (4) tahap yakni pada bulan Juni Juli, Agustus dan September dengan setiap tahap di gelar selama dua (2) hari.

Diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari perwakilan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Ternate, perwakilan kampus, serta komunitas yang diharapkan bisa bersinergi dalam perwujudan Ternate Smart City.

Mitra Kemkominfo yang hadir sebagai narasumber atau tim pendamping pada kegiatan bimtek ini yakni Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo dan Dr. Surahyo Sumarsono, B.Eng., M.Eng., SC. yang merupakan akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME dalam sambutannya mengatakan dengan berkembangnya teknologi saat ini mengharuskan kita bepikir lebih cepat, agar di era 5.0 sekarang bukan lagi teknologi yang mengendalikan kita tapi kita yang mengendalikan teknologi.

“Konsep smart city tidak hanya kita berbicara mengenai infrastruktur IT atau hal-hal mengenai big data, tapi sebagai langkah antisipasi kita pemerintah untuk mendorong kota cerdas ini agar bisa di aplikasikan di tugas pokok keseharian kita,” ucap Sekda.

“Artinya kita berharap konsep smart city ini tidak hanya sebuah konsep tanpa kita mampu menjalankannya,” lanjutnya.

Sekda berharap bahwa kedepannya perlu suatu quick win yang lebih efektif, agar setiap OPD mampu berinovasi agar bisa bekerja secara cepat.

“inovasi tidak hanya sesuatu yang baru tapi paling tidak apa yang kurang kita benahi menjadi sesuatu yang lebih baik,” tutupnya (Tim_IKP Diskominfo).

Berita

Berita Lainnya

#

Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Ternate Gelar Upacara

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menjadi inspektur upa ...

#

Hari Ini, Sejumlah Lurah dan Pejabat Pemkot Ternate di Lantik

Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME melantik dan mengambil sumpah/janji Pej ...

#

Wali Kota Ternate : Serukan Kolaborasi dan Aksi Iklim , Wujudkan Ternate Geopark Nasional

PEMKOT TERNATE - PT Pertamina Patra Niaga DPPU Babullah bersama dengan IAGI Maluku Utara, ...

#

Wali Kota menjadi Irup pada Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menjadi Inspektur Upacara p ...