#

Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan, Wali Kota Sebut Harus Ada Keterlibatan Semua Pihak

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menjadi Narasumber pada Workshop Petunjuk Teknis Integrasi (PTI) AIDS, TB, Malaria (ATM) dan Penyusunan Dokumen Perencanaan ATM Provinsi Maluku Utara Tahun 2023 yang digelar di Safirna Transito Hotel. Selasa (7/2/23).

Workshop tersebut digelar berdasarkan penetapan sasaran prioritas dalam mencapai ending global untuk ATM pada tahun 2030, dan untuk mencapai target tersebut diperlukan semua pihak yang terkait serta menjamin sistem yang tangguh dan berkelanjutan.

Dalam arahannya, Wali Kota Ternate mengatakan, “Kalau bicara pelayanan dasar, ada prefentif dan promotif ada peningkatan kesehatan ibu anak, KB, kesehatan reproduksi, ada percepatan peningkatan perbaikan gizi masyarakat, peningkatan pengendalian penyakit, kemudian ada pemberdayaan prilaku hidup sehat melalui gerakan hidup sehat atau GERMAS dan penguatan sistem kesehatan pengawasan obat dan makanan. alhamdulillah di Ternate, semua kita lakukan, intinya ada pelayanan,” jelas Wali Kota.

Urusan pembangunan daerah dan urusan kesehatan sama-sama pelayanan untuk masyarakat, sehingga bisa berjalan beriringan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate juga terus bersinergi demi tercapainya pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat,” jelas Wali Kota.

Bicara masalah kesehatan tidak bisa hanya tugas pemerintah tapi juga keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat.

“Seluruh OPD di Pemerintah Kota Ternate sudah memiliki peran masing-masing dalam kesehatan, misalnya dinas kominfo dalam sosialisasi, dinas sosial untuk bantuan warga miskin dan lain sebagainya,” pungkas Wali Kota.

Menurutnya, peran masyarakat khususnya perempuan sangat penting dalam urusan kesehatan, karena perempuan memiliki kepedulian yang lebih tinggi dari pria terutama pada pendampingan pasien.

Workshop tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara dr. Idham Sidi Umar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate dr. Muhammad Assagaf dan Ketua Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES) Maluku Utara. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...