#

Membanggakan, Wali Kota Ternate Memberikan Kuliah Tamu di Institut of Housing and Urban Development Studies (IHS) Universitas Erasmus Belanda

PEMKOT TERNATE - Dalam rangkaian Kegiatan Sharing Cities di Belanda oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia, 11 - 20 Mei 2023, pada Rabu (17/5/23), Wali Kota Ternate mendapat kesempatan memberi Kuliah Tamu di Institut of Housing and Urban Development Studies (IHS) Universitas Erasmus, Rotterdam, Belanda.

Pada kegiatan tersebut Wali Kota Ternate didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Dr. Rizal Marsaoly, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Safiah M. Nur, SE; dan ketua bidang kerjasama internasional, Kantor Urusan Internasional Universitas Khairun, Maulana Ibrahim, Ph.D.

Kunjungan kerja sekaligus kuliah tamu ini diterima langsung oleh Direktur IHS Universitas Erasmus, David Dodman, dan mendapat sambutan hangat dari staf akademik dan mahasiswa pascasarjana IHS.

Dalam presentasinya, Wali Kota Ternate menyampaikan karakteristik Kota Ternate sebagai Kota pulau gunung api yang penuh warisan budaya (heritage), sejarah, dan ancaman bencana alam, serta menjelaskan berbagai potensi sekaligus tantangan pembangunannya.

Upaya penguatan City Branding Ternate dan tahapan pengusulan Ternate sebagai Geopark menjadi bagian akhir dari presentasi 30 menit tersebut, selanjutnya Wali Kota Ternate juga membuka sesi tanya jawab serta diskusi yang menarik.

Direktur IHS menanyakan tentang fokus kegiatan Pemerintah Kota Ternate saat ini, upaya kerjasama apa yang dapat dilakukan dengan HIS dan Wali Kota pun memberi gambaran singkat terkait RPJMD Kota Ternate dan fokus kegiatan di 2023 serta berbagai peluang kerjasama dengan pihak IHS.

Kunjungan kerja dan kuliah tamu tersebut diakhiri dengan pertukarab hadiah berupa buku City Branding Kota Rempah dari Ternate dengan buah tangan khas IHS dari Universitas Erasmus, yang dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang belajar mahasiswa, civitas akademika dan perpustakaan IHS.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Ternate menyempatkan diri untuk berbincang dengan beberapa mahasiswa pasca sarjana IHS yang sedang belajar terkait pembangunan kota berkelanjutan, membaca beberapa jurnal karya civitas akademika IHS serta mendapat katalog Arsip terkait Maluku dan Maluku Utara di IHS yang diserahkan langsung oleh Manager Informasi, Sharon Wels, di perpustakaan IHS kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ternate, Safiah M. Nur, SE.

Peluang kerjasama antara IHS dengan Pemerintah Kota Ternate dan Universitas Khairun juga disampaikan oleh Maulana Ibrahim, Ph. D., yang juga salah satu alumni IHS, kepada pemerintah kota Ternate dan IHS, terkait kegiatan akademik dan pelatihan sumber daya manusia, sekaligus tata kelola dan manajemen atas Cagar Budaya dan tantangan kebencanaan di Kota Ternate.

Menanggapi pertanyaan dan diskusi di IHS, terkait pemanfaatan benteng Oranje, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM mendiskusikan beberapa hal penting yang akan dilakukan sesuai kaidah pemanfaatan cagar budaya dengan berbagai kegiatan kreatif-edukatif dan dukungan penuh oleh Komite Ekonomi Kreatif untuk menjaga ekosistem dan pertumbuhan ekonomi di Kota Ternate. Sebagaimana presentasi Wali Kota terkait pemanfaatan ruang di benteng Oranje sebagai Creative-Hub di Maluku Utara. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...

#

Sebanyak 311 Peserta PPPK Kota Ternate Tandatangani Perjanjian Kerja

PEMKOT TERNATE – Setelah melewati serangkaian seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanji ...