#

Kelurahan Loto Wakili Kota Ternate pada Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku Utara

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri kegiatan validasi dan klarifikasi lapangan oleh tim penilai di Kelurahan Loto dalam rangka Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan atau Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2024. Selasa (2/7/24).

Kegiatan Tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM., Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Ternate Rukmini A Rahman, SE.,M.Si., Camat Ternate Barat Hamid Muhammad, SE., dan Lurah Loto.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2024 Kelurahan Loto menjuarai lomba kelurahan tingkat Kota Ternate.

“Sudah tentu ini menjadi prestasi tersendiri bagi camat, lurah, perangkat kelurahan, dan masyarakat,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota menekankan bahwa untuk melihat serta menguji bagaimana perkembangan dari sebuah kelurahan salah satunya adalah keiikutsertaanya dalam setiap penilaian kelurahan itu sendiri dengan tingkatan-tingkatan yang sudah dilalui.

“Jadi perlu dipahami bahwa lomba yang dimaksud ini bukan lomba dalam konteks pemerintah saja tapi ada partisipasi serta dukungan dari masyarakat. Jadi, jangan sampai ada dalam pikiran kita bahwa ini adalah lomba yang diikuti oleh pemerintah saja, karena salah satu unsurnya adalah terkait partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Tim penilai yang hadir pada kesempatan tersebut juga merupakan orang-orang yang sudah terbiasa dalam melakukan penilaian baik di Ternate maupun kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara.

Wali Kota mengatakan, hari ini kita buktikan bahwa orang-orang Ternate adalah yang terbaik untuk nantinya diikutsertakan dalam tingkatan berikut.

“Kekurangan yang ada nantinya kita perbaiki, sehingga ini juga menjadi momen perbaikan terhadap kelurahan yang diikutsertakan dalam perlombaan, baik perbaikan dalam segi administrasi maupun hal-hal lain yang menyangkut dengan kelembagaan,” tutur Wali Kota.

Wali Kota juga berpesan kepada camat agar diharapkan mampu menggiring masyarakat, karena pada penilaian tingkat regional mungkin akan lebih sulit.

“Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada warga Kelurahan Loto yang sudah berpartisipasi. Diharapkan juga agar nantinya Kelurahan Loto mampu berfikir untuk bersiap dalam tingkatan lomba yang selanjutnya.

Ketua tim validasi dan klarifikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku Utara Anwar Lifran, S.STP., M.Si pada kesempatan tersebut turut menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang dinilai dalam perlombaan ini, diantaranya pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Jadi, bukan hanya penilaian untuk pemerintah kelurahan itu sendiri. Untuk itu seluruh aspek dan elemen yang ada di masyarakat harus sama-sama saling menyongsong dan bergerak bersama untuk membangun Kelurahan Loto,” harapnya.

Berdasarkan acuan penilaian perlombaan ini yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat, Kelurahan Loto sendiri telah memenuhi syarat untuk diikutsertakan dalam perlombaan ini. Kelurahan Loto memperoleh total nilai 380.

Di akhir sambutannya, Tim validasi dan klarifikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku Utara mengatakan bahwa evaluasi ini penting untuk kita lakukan, “Dengan evaluasi ini kita bisa melihat perkembangan Kelurahan Loto, yang mana untuk saat ini status perkembangan Kelurahan Loto adalah cepat berkembang,” tutupnya. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Ternate Hybrid Job Fair 2024 Digelar, 2958 Lowongan Dibuka

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate menggel ...

#

Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Lakukan Sosialisasi Penanganan Kerawanan Pangan dan Gizi di Puskesmas Kecamatan Moti

PEMKOT TERNATE - Ketahanan Pangan Kota Ternate Lakukan Sosialisasi Penanganan Kerawanan Pa ...

#

Sekda Kota Ternate Secara Resmi Membuka Perlombaan Sepeda “Champis Road Race Seri II”

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM didamping ...